Jalur Pendakian di Lampung

Jalur Pendakian di Lampung

Untuk Anda yang berjiwa petualang, Lampung bukan hanya tawarkan keelokan daya tarik alam rekreasi pantai serta jalur pendakian.

Pegunungan di Propinsi Lampung rupanya simpan rintangan tertentu. Daya magnet yang dijanjikan, tidak kalah di banding gunung-gunung kesohor yang lain di teritori Pulau Jawa.

Keelokan dan rintangan ciri khas itu, dipercaya akan bayar semua keletihan dalam capai pucuknya. Untuk anda yang lagi pengin cari tempat jalur pendakian di Propinsi Lampung.

Jalur Pendakian di Lampung Menyuguhkan Beragam Jenis Anggrek

Ketua Mahasiswa Pecinta Alam Kampus Lampung Hani Meilani mengutarakan ada banyak spot sebagai favorite gunung-gunung di Lampung, salah satunya Gunung Pesagi, Gunung Rajabasa, Gunung Tanggamus, Gunung Seminung dan Gunung Betung

Bisa disebutkan jika daya tarik gunung-gunung di Lampung masih orisinal dan belum dieksplorasi dengan optimal. Nah, bila pengin cari daftar pegunungan di Lampung yang pengin kamu kalahkan pucuknya, lima gunung berikut yang paling cocok untukmu menjadi tempat jalur pendakian di lampung.

  1. Gunung Pesagi

Untuk capai Gunung Pesagi dapat lewat lajur berikut pekon Sarhum, Bahway, Liwa, pekon Serungkuk, dan Hujung Ketahui. Saat yang dilakukan sekitar enam jam perjalanan dari kota Bandar Lampung dengan memakai bus jalur kota Liwa salah satunya adalah armada bis Sekala Brak, Usaha Muda, Ranau Rekreasi atau Parahiyangan dengan range biaya Rp45 ribu/orang dari terminal bis Rajabasa.

Gunung Pesagi ialah gunung yang paling tinggi di Lampung. Ketinggiannya capai 2.389 mtr. di permukaan laut (mdpl). Keelokan dan orisinalitas alam di seputar Gunung Pesagi tetap terlindungi. Ini adalah daya magnet tertentu untuk pencinta alam dan pelancong yang menyukai dengan rintangan. Gunung ini yang dipercayai warga seputar sarat dengan wewangian mistik.

Kelebihan puncak Gunung Pesagi mempunyai lajur pendakian yang melawan, sejauh lajur yang dilewati kita bisa nikmati keelokan bunga anggrek yang beragam-ragam dan beberapa satwa liar, tetapi untuk beberapa pendaki dilarang untuk menuai atau memburu satwa yang berada di teritori itu.

Ada banyak lajur pendakian untuk ke arah Gunung Pesagi itu bisa memakai beberapa lajur yakni Lajur pertama dusun Bahway desa Way Pematu yang disebut pos satu lajur pertama ini disebutkan “lajur putus semangat ” jalan untuk ke arah pos ke dua adalah lajur permukiman warga dusun Bahway. Lajur ini berbentuk jalan batu yang dilandai dengan pemandangan panorama alam dusun yang unik.

Tapi perjuangan itu tidak percuma sebab pemandangan cantik tersaji di tempat itu mata akan dimanja panorama yang memikat, selanjutnya ada puncak yang memikat terlihat puncak Gunung.

Sesudah pendaki nikmati panorama yang cantik, sekarang harus menyiapkan atau menyonsong satu tanjakan paling akhir dan terekstrim, sesudah melalui lajur itu tiba di puncak Gunung Pesagi. Puncak pesagi menurut warga Lampung Barat sering dikatakan sebagai “Tangga Langit” sebab disini kabarnya warga lebih afdol bila memanjatkan doa.

  1. Gunung Tanggamus

Gunung selanjutnya ialah Gunung Tanggamus yang berada di Kota Agung, Kabupaten Tanggamus. Untuk posisi persisnya, gunung ini ada di sebalah timur laut dalam jarak menempuh cuman 10 menit dari pusat Kota Agung memakai kendaraan motor.

Dengan ketinggian capai 2.102 mdpl, gunung berapi yang tidak aktif ini jadi gunung ke-2 paling tinggi di Lampung. Bila sukses menempati puncak dari Gunung Tanggamus ini, pendaki akan rasakan situasi yang paling tenang. Gunung ini punyai keunikannya sendiri dan kerap jadi sasaran pendakian beberapa pencinta alam.

Untuk ke arah posisi, biasanya pendaki banyak melalui lajur dari wilayah Gisting. Untuk dapat masuk di sini, jalan setapak dan tebingnya cukup curam. Jadi, benar-benar diinginkan kehati-hatiannya.

  1. Gunung Rajabasa

Tidak cuma pantainya yang menarik, Rajabasa mempunyai gunung yang paling direferensikan untuk dikalahkan. Gunung itu ialah Gunung Rajabasa yang berada di Lampung Selatan, persisnya di Kabupaten Kalianda dengan ketinggian capai 1.281 mdpl.

Untuk tempuh dusun paling dekatnya yakni dusun Sumur Kumbang, bisa dengan sewa angkutan kota atau semacamnya baik dari Bandar Lampung atau ataupun Dermaga Bakauheni. Rerata dari ke-2 titik keberangkatan ini memerlukan waktu menempuh seputar dua jam perjalanan. Umumnya harga rental kendaraan sekitar di antara Rp100 ribu sampai Rp200 ribu.

Dari dusun ini pendakian normal ke arah puncak Rajabasa rerata bisa dilakukan dalam kurun waktu seputar tujuh jam perjalanan kembali dengan melalui lima pos. Awalnya pendakian dari Dusun Sumur Kumbang, anda akan melewati perkebunan kopi dan cokelat punya warga di tempat. Medan yang dilewati cukup naik dengan lokasi-lokasi datar yang dapat dipandang seperti bonusnya.

Kalau sudah sukses menempati puncak, beberapa pendaki akan hadapi dengan segi selatan gunung langsung bertemu dengan laut terlepas dengan angin yang semilir. Seputar gunung ini mempunyai beberapa tempat rekreasi yang eksotis dan cukup dapat memandang langsung ke Gunung Krakatau. Berikut hal spesial kenapa Gunung Rajabasa jadi lebih berlainan dengan gunung semacamnya. Bila sempat dan belum capek, pendaki bisa bertandang atau istirahat ke air terjun dan sumber air panas Way Belerang yang dapat didatangi.

  1. Gunung Seminung

Tentu pernah dengar narasi satu danau populer yang berada di tepian di antara propinsi Sumatera Selatan dan Lampung yakni Danau Ranau. Cantiknya danau ini ditambah lagi jalur danau yang melingkari satu gunung yang membubung dan diantaranya adalah Gunung Seminung.

Gunung ini terhitung gunung tepian di antara Lampung dan Sumatera Selatan. Jalur pendakian Gunung Seminung terdaftar memilki ketinggian 1.885 mdpl. Gunung Seminung sendiri ada samping barat laut Kabupaten Lampung Barat. Persisnya di Lombok, Lumbok Seminung.

Langkah capai puncak Seminung, tidak berkesan susah dari Kota Bandar Lampung langsung memakai bus jalur Kota Batu. Dari Kota Batu, naik perahu motor dari tepi Danau Ranau menuju Sumber Air Panas di kaki Seminung.

Dari posisi Air Panas mengambil jalan setapak langsung ke arah puncak. Di perjalanan akan dijumpai beberapa petani kopi yang bawa hasil panen atau petani yang sebatas jaga kebunnya.

Sama dengan Gunung Pesagi, Gunung ini mempunyai panorama dan situasi yang serupa. Namun, Gunung Seminung masih orisinal dan mempunyai panorama langsung ke Danau Ranau. Meskipun telah ada, sarana akses ke gunung ini masih termasuk minim. Karena itu, selaku pendaki pemula, benar-benar diinginkan untuk bawa kuncen atau orang yang telah hapal posisi.

  1. Gunung Betung

Bila kamu tinggal di teritori Bandar Lampung dan pengin rasakan kesan mendaki, Gunung Betung ialah gunung paling direferensikan. Gunung ini masuk di dalam sisi teritori pelestarian di Propinsi Lampung, yaitu Taman Rimba Raya Wan Abdul Rahman. Sebab ini juga, Gunung Betung jadi gunung tersering dan favorite jadi tempat kemping di teritori Bandar Lampung.

Ketinggianya normal, cuman seputar 1.640 mdpl. Lajur pendakiannya juga tidak begitu berlebihan. Karena itu, gunung ini paling direferensikan menjadi gunung pertama yang perlu dikalahkan di propinsi Lampung sebab ramah pemula juga.

Itu lima gunung paling atas yang paling cocok buat kamu yang pengin mengalahkan gunung di Lampung. Ke-5 gunung di atas benar-benar direferensikan, bagus untuk profesional atau pemula.

Untuk berbagai informasi lainnya seputar tempat liburan bisa langsung mengkunjungi situs https://babat-alas.com