Bingung Liburan Kemana Bersama keluarga

Bingung Liburan Kemana Bersama keluarga? yaa Lampung Tempatnya!

Kota Bandar Lampung adalah ibukota propinsi Lampung yang berada di pulau Sumatra menjadi sarana liburan bersama keluarga.

Propinsi Lampung lumayan dekat dengan pulau Jawa terutamanya mereka yang tinggal di Cilegon, DKI Jakarta, dan Banten.

Masyarakat dari ke-3 wilayah ini bisa berkunjung Lampung dengan naiki feri dari dermaga Merak ke dermaga Bakauheni di Lampung Selatan dengan waktu seputar 70 sampai 80 menit.

Bingung Liburan Kemana Bersama keluarga

Dari dermaga Bakauheni ke arah kota Bandar Lampung memerlukan waktu di antara 50 sampai 60 menit melalui lajur tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

Walau tidak sepopuler kota Medan yang ada di samping utara dan pulau Bangka Belitung, kota Lampung mempunyai tujuan rekreasi alam dan bikinan Liburan Bersama keluarga.

Baca Juga: Jalur Pendakian di Lampung

Baca Juga: Bingung Liburan Kemana Bersama keluarga

Tentunya memikat untuk didatangi bersama rekan dan keluarga. Agar tahu, yok ulas beberapa tempat mana saja yang bisa kamu datangi bersama rekan dan keluarga di Lampung.

  1. Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman Purbakala Pugung Raharjo berada di dusun Pugungraharjo, kabupaten Lampung Timur. Selain itu taman purbakala ini memiliki jarak lebih kurang 42 km dari kota Bandar Lampung.

Pengunjung bisa ke tempat ini dengan melalui kota Metro lalu kembali arah ke arah Sekampung Udik di Lampung Timur. Jalur ini sedikit lebih panjang tapi keadaan jalan jauh lebih bagus dibanding melalui Ir. Sutami dan Bandar Sribawono.

Saat sebelum masuk di Taman Purbakala, pengunjung dianjurkan untuk berkunjung di dalam rumah info di mana pada tempat ini bakal ada petugas yang mengikuti lawatan ke Taman Purbakala.

Di taman ini, pengunjung akan menyaksikan beberapa benda purbakala seperti kolam megalitik, arca, benteng, batu prasasti, dan punden berundak. Ada 13 punden berundak yang memiliki bentuk serupa dengan bangunan piramid. Kabarnya punden berundak ini mempunyai peranan selaku tempat memuja roh nenek moyang.

Ticket masuk untuk orang dewasa seputar Rp10.000,00 per-orang. Jam operasional diawali pada jam 7 pagi sampai jam 5 sore.

  1. Taman Rekreasi Bumi Kedaton

Dalam Taman Rekreasi Bumi Kedaton, pengunjung bisa berkunjung kebun binatang, berenang di waterpark, dan jalanan di taman keluarga. Tempat ini pas untuk didatangi dengan keluarga sebab mereka tawarkan bermacam rutinitas di satu tempat.

Taman Rekreasi Bumi Kedaton mempunyai pondokan jika pengunjung pengin bermalam pada tempat ini. Perkiraan harga ticket masuk untuk ke Waterpark yakni Rp30.000,00 per-orang. Sesaat untuk kebun binatang Rp15.000,00 dan harga ticket untuk taman keluarga ialah Rp10.000,00 per-orang.

Pengunjung yang pengin memakai mobil untuk berputar-putar melingkari Bumi Kedaton dikenai ongkos tambahan Rp3.000,00 per-orang.

  1. Menara Siger

Menara Siger berada di jalan Lintas Sumatra Bakauheni. Pada menara yang memiliki bentuk seperti mahkota ini adalah lambang titik 0 di Sumatra sisi Selatan yang disahkan pada bulan April tahun 2008.

Posisinya tidak jauh dari dermaga Bakauheni hingga setelah tiba di Lampung langsung bisa berkunjung menara ini. Ticket masuk di Menara Siger seputar Rp5.000,00 per-orang. Panorama di Menara Siger ini benar-benar elok hingga bisa jadi latar belakang untuk photo.

  1. Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung terletak tidak jauh dari kota Bandar Lampung yakni seputar 30 sampai 60 menit. Lokasi pantai yang ada di kabupaten Pesawaran pas untuk didatangi bersama rekan dan keluarga.

Rutinitas menarik di pantai ini diantaranya menyaksikan mushola terapung Al-Aminah dan menyaksikan pasir muncul. Pengunjung dapat beraktivitas snorkeling di sini. Perkiraan ticket masuk di Pantai Sari Ringgung ialah Rp5.000,00-Rp20.000,00 per-orang bergantung model transportasi (mobil atau sepeda motor).

Agar bisa menyaksikan pasir muncul, pengunjung harus naik perahu sepanjang 15 sampai 20 menit dengan ongkos seputar Rp25.000,00 per-orang.

  1. Pantai Gigi Hiu

Disebutkan pantai Gigi Hiu sebab wujud batu-batuan karangnya serupa seperti gigi hiu. Pantai ini populer sebab panoramanya baik untuk jadi tempat photo.

Pantai Gigi Hiu berada di dusun Kelumbayan, kabupaten Tanggamus. Agar bisa datang di sini, pengunjung melalui Padang Cermin selanjutnya melalui Pantai Teluk Kiluan dan pada akhirnya datang di pantai Gigi Hiu. Dari Teluk Kiluan ke pantai ini seputar 5 km. Lajur pilihan lain yakni Padang Cermin selanjutnya jalan Bawang lalu ke Dusun Kelumbayan dan pada akhirnya datang di pantai.

Pengunjung harus bawa bekal minuman dan makanan sebab sarana warung dan mini pasar benar-benar terbatas. Berenang tidak dibolehkan pada tempat ini sebab batu karang yang curam dan ombak yang tinggi.

Tidak ada angkutan umum yang ke arah pantai ini hingga harus memakai sepeda motor atau mobil. Ongkos masuk lebih kurang Rp15.000,00 per-orang.

  1. Taman Kupu-Kupu Gita Persada

Taman Kupu-Kupu Gita Persada berada di jalan Wan Abdul Rachman. Posisinya cuman seputar 30 menit dari kota Bandar Lampung. Taman ini dibangun oleh Profesor Herawati Soekardi selaku usaha untuk melestarikan kupu-kupu.

Di taman ini ada lebih kurang 188 spesies kupu-kupu. Dalam taman ini, pengunjung bisa berkunjung rumah pohon, penangkaran kupu-kupu, museum, dan cafe. Harga ticket masuk Rp10.000,00 per-orang. Taman membuka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore.

  1. Waterpark Citra Garden

Waterpark citra garden adalah salah satunya sarana air yang berada di lampung. Tempat ini selaku tempat favorite untuk isi berlibur panjang. Banyak permainan yang disiapkan pada tempat ini diantaranya kolam arus, waterpark dan lain-lain.

Letak waterpark Citra Garden berada di Jl. Dokter Setia Budi, Olok Gading Teluk Betung. Jam operasional tempat rekreasi ini mulai Rabu sampai Jumat jam 14.00 – 18.00. Sedang untuk hari liburan jam membuka lebih cepat dibandingkan hari biasa.

  1. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas adalah pusat pelestarian yang memuat minimal 300 ekor hewan gajah, dan hingga saat ini masih makin bertambah. Pengunjung Taman Way Kambas ini dapat menyaksikan dan berhubungan langsung dengan gajah-gajah yang berada di sana.

Kecuali gajah, di tempat rekreasi Bandar Lampung ini, ada hewan-hewan yang lain seperti harimau dan beruang.

Bila Mama pengin berpose di Taman Nasional Way Kambas ini, seharusnya memakai lensa camera jarak jauh untuk hasil yang terhebat.

Posisi Taman Nasional Way Kambas berada di Lampung Timur dengan jam operasional membuka dari jam 08.00-18.00WIB.

  1. Muncak Teropong Laut

Bila pengin nikmati panorama dari ketinggian, Mama dapat ajak anak untuk ke Muncak Teropong Laut yang memungkinkannya anak nikmati keelokan Teluk Lampung dan perkotaan di atas ketinggian.

Birunya laut dan beberapa pulau kecil bisa menjadi latar photo keluarga yang cantik, apa lagi saat hari mulai senja. Selanjutnya ada juga beberapa gardu berupa unik yang dapat anak pakai untuk berpose.

Jika Mama ketarik berkunjung tempat ini, tiba ke alamatnya yakni di Dusun Muncak, Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran, Lampung.

  1. Puncak Mas

Puncak Mas ialah tempat rekreasi yang umum dipakai untuk berpose. Salah satunya sebagai ciri-ciri uniknya ialah banyak rumah pohon beragam ukuran di situ. Dimulai dari yang kecil sampai rumah pohon dua tingkat.

Bahkan juga antiknya, ada masjid yang berada di atas pohon lho! Kecuali berpose dengan keluarga, Mama dan anak bisa juga coba bermacam sarana, seperti sarana sepeda menggantung yang dapat tingkatkan keberanian anak.

Puncak Mas ini mempunyai sarana yang lumayan komplet meskipun baru membuka di tahun 2017 kemarin. Bila pengin berkunjung Puncak Mas, Mama dapat berkunjung posisinya di Jalan H. Hamim RJP, Sukadana Ham, Tj. Karang Bar, Bandar Lampung.

  1. Bendungan Margotirto

Bendungan Margotirto yang ada di wilayah Gisting ini sesungguhnya adalah bangunan tersisa pemerintah penjajahan Belanda yang dibuat seputar tahun 1930-an.

Wisata Bendungan Margo Tirto ini sempat trending di sosial media, sebab photo permukaan air yang memperlihatkan tanaman air didalamnya.

Sekarang lokasi yang diberi nama Daerah Air Margotirto ini telah beralih menjadi tempat rekreasi dan diperlengkapi kolam memiliki ukuran 80×30 mtr. sampai sepeda bebek kayuh.

Bila pengin berkunjung Bendungan Margotirto, Mama bisa ke posisi Campang, Gisting, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Jadi, itu beberapa referensi tempat rekreasi di Lampung yang bisa dicicipi oleh pengunjung dari semua jenis umur. Sebagian besar ongkos masuk di beberapa tempat rekreasi di Lampung cukup dapat dijangkau.

Panorama alam di Lampung sendiri tidak kalah cantik dari Bangka Belitung dan jika berasa jemu dengan hiruk pikuk kota besar, berekreasi di Lampung Liburan Bersama keluarga menjadi tempat pilihan untuk berlibur pendek.